TfY7TSdpTpClTpW5Gpr8Gfr9

Catatan Kecil Kunker Presiden Joko Widodo Ke Jambi, 03 dan 04 April 2024

Di Pasar Tanjung Bungur Tebo Tengah, Presiden Jokowi menemui pedagang dan masyarakat. Setelah itu Jokowi meninjau RSUD STS Tebo.(Poto:Supri/teboonline.id)

Penulis : 

Dr. SYAMSU RIZAL, SE, M.Si

Ketua Forum Jambi Barat.


Kehadiran Presiden RI Pak Joko Widodo ke Jambi di bulan suci ramadhan ini merupakan berkah dan rahmat bagi Kabupaten yg di kunjungi yaitu Kabupaten Bungo-Merangin dan Tebo. 

Meskipun rencana awal beliau juga akan berkunjung ke Kabupaten Kerinci & Kota Sungai Penuh. Dalam catatan sejarah jambi pasca Reformasi baru kali ini Presiden Kunker ke Kabupaten yang berada di wilayah Propinsi Jambi bagian barat.

Kehadiran Presiden RI ke 7 ini tentu membawa berbagai Program & Anggaran yang tentunya sangat di harapkan dapat mengangkat Perekonomian Masyarakat Jambi yang berada di wilayah Propinsi Jambi Bagian Barat. 

Dalam Kunker Presiden x ini cukup istimewa bagi Propinsi Jambi karena langsung mendarat di Bandara Muara Bungo tanpa melalui Kota Jambi sebagai  ibu kota Propinsi Jambi.

Sebagai bagian dari elemen masyarakat Jambi wilayah Barat kami menaruh secercah harapan bahwa eksistensi cikal bakal berdirinya Propinsi Jambi Wilayah Barat yang terdiri dari Kab. Bungo, Tebo, Merangin, Sarolangun,  Kerinci & Sungai Penuh secara defakto perlahan-lahan tapi pasti mulai mendapat pengakuan bahwa Pusat Pertumbuhan Ekonomi Baru di wilayah Propinsi Jambi bagian barat membutuhkan sentuhan langsung dari Pemerintah Pusat.

 Secara implisit kunker Presiden kali ini khusus ke beberapa kabupaten di Propinsi Jambi bagian barat bisa juga di maknai  sebagai salah satu upaya pemerintah pusat untuk mendorong percepatan Pertumbuhan ekonomi baru di Propinsi Jambi di wilayah bagian barat. 

 Dari sisi Sumber Daya Alam (SDA) Jambi Wilayah bagian Barat ini jauh lebih memiliki keunggulan komparatif dari berbagai aspek seperti Batu Bara, Emas, Biji Besi, Geopark Merangin dll.

Sebagai catatan kecil dari kami yang mempunyai mimpi besar kelak kemudian hari akan lahir Propinsi Jambi Wilayah Barat yang mampu menjadi Pusat Episentrum Pertumbuhan Ekonomi Baru yang harus kita wujudkan bersama tanpa menghilangkan hak-hak keperdataan maupun sejarah romantisme masa lalu sebagai satu kesatuan wilayah Propinsi Jambi.

Jadi dapat disimpulkan dari sisi aspek politis mendaratnya Presiden Joko Widodo di bandara Muara Bungo serta bermalamnya beliau di Muara Bungo merupakan salah satu pertanda/kode alam bahwa suatu saar nanti akan berdiri Propinsi Jambi Wilayah Barat dengan Ibukota Muara Bungo.

Insya Allah......***






Editor : Slamet Supriyadi 

Type above and press Enter to search.