TfY7TSdpTpClTpW5Gpr8Gfr9

Praktekan Ilmunya Ditengah Masyarakat, Santri Pondok Pesantren Al Inayah Rimbo Bujang Ikuti Sankerta

Santri Pondok Pesantren Al Inayah Rimbo Bujang Poto bersama saat pelepasan akan mengikuti Sankerta.(Poto:Supri/teboonline.id)

TEBOONLINE.ID – Santri Kerja Nyata atau Sankerta merupakan kegiatan yang wajib diikuti dan dilaksanakan oleh santri Pondok Pesantren Al Inayah Rimbo Bujang khususnya santri yang belajar di SMK Al Inayah. Sankerta dilaksanakan selama 15 hari dan ratusan Santri Kerja Nyata ini disebar ke berbagai daerah.

Tercatat, ada sebanyak 137 santri yang mengikuti Sankerta termasuk para pendampingnya yang terdiri dari 6 kelompok Perempuan dan 4 kelompok laki - laki. Peserta Sankerta adalah Kelas 3 dari berbagai jurusan seperti Akutansi, Marketing, dan Multi Media. Sankerta ini sendiri, dimulai dengan pelepasan pada tanggal 1 Maret 2024 lalu.

Pelepasan Santri Kerja Nyata oleh Ustadz.

Sementara itu, tujuan dari Sankerta para santri Pondok Pesantren Al Inayah Rimbo Bujang ini diantaranya di Kabupaten Tebo, Bungo, Dharmasraya dan Sijunjung. Dalam melaksanakan Sankerta dimana santri ini ditempatkan, kegiatan santri diantaranya adalah di organisasi kemasyarakatan dan dibidang Pendidikan seperti mengajar di SD, TPQ, Madrasah, mengajar ngaji di Masjid dan Mushola.

Kemudian melaksanakan kegiatan social seperti gotong royong dan dibidang keagamaan seperti mengisi dibeberapa pengajian. Dipengajian ini, santri menjadi MC, membaca kitab dan sosialiasi tentang pondok pesantrean. Dalam bulan Ramadhan ini, Santri mengikuti Safari Ramadhan, membangunkan sahur dan mengajari penyelenggaraan sholat jenazah kepada warga.

Pengasuh Pondok Pesantren Al Inayah Rimbo Bujang, Hj.Sumiyati Khilyatun Khasanah mengatakan bahwa tujuan Sankerta adalah santri mengamalkan ilmunya ditengah – Tengah masyarakat, bukan hanya ilmu agama saja akan tetapi juga dibidang kompetensi.

“Santri mempraktekan ilmunya ditengah masyarakat, seperti dibidang agama, organisasi kemasyarakatan dan pelayanan di kantor – kantor Pemerintahan,” sebut Hj.Sumiyati atau biasa disapa Umi Al nayah yang merupakan anggota DPRD Kabupaten Tebo fraksi Partai Demokrat pada Teboonline.id, Jumat (15/03/2024).

Terakhir Umi Al Inayah menyampaikan bahwa setelah lulus, ilmu yang didapat oleh santri dapat dimanfaatkan dimana saja. Ketika masyarakat membutuhkan, mereka siap tampil dan melaksanakan tugas yang diberikan oleh masyarakat.(crew)    

 

Type above and press Enter to search.