TfY7TSdpTpClTpW5Gpr8Gfr9

Permainan Kim Diduga Jadi Ajang Kampanye, Panwaslu Rimbo Bujang Bakal Panggil Azwar Anas

Budiman - Ketua Panwaslu Rimbo Bujang. (Poto: Ist./teboonline.id)

TEBOONLINE.ID - Ajang permainan Kim yang menyediakan hadiah bagi pesertanya yang digelar di jalan Pattimura Gang Sanjaya, Kecamatan Rimbo Bujang, Tebo Jambi pada Senin malam (23/10/2023), menuai polemik.

Pasalnya, permainan Kim yang digelar disalah satu rumah warga ini, diduga menjadi ajang Kampanye salah satu Caleg DPRD Kabupaten Tebo dari partai PAN nomor urut 3, Azwar Anas.

Suasana permainan Kim, tampak ratusan orang peserta memenuhi area dalam tenda dan berulangkali terdengar dari pengeras suara diduga ajakan untuk coblos Caleg Azwar Anas. (Poto: Ist/teboonline.id)

Menurut informasi yang diterima Teboonline.id, permainan Kim yang diiringi musik tersebut dihadiri oleh ratusan orang. Dan saat berjalannya permainan Kim, berulang kali terdengar suara dari Microppon atau pengeras suara mengajak kepada yang hadir disana dengan berkata jangan lupa tanggal 14 Februari 2024 coblos nomor 3 atas nama Azwar Anas.

Dan sebelum hari H, salah satu akun Facebook atas nama Azuar Anas yang diduga milik Azwar Anas melakukan live streaming dimana dalam live streaming tersebut, ia memberitahukan bahwa akan digelar acara silaturahmi dan hiburan Kim atau dendang lagu yang akan dihadiri Ketua MPP DPD PAN provinsi Jambi, Al Haris.

Pada live streaming tersebut tampak Azuar Anas memperlihatkan lokasi yang akan dijadikan acara tersebut dan tampak didalam dan luar tenda telah terpasang Balihonya yang besar sebagai Caleg.

Kemudian live streaming akun Facebook Azuar Anas tersebut terdengar mengajak dan menyerukan agar masyarakat Pasar Sarinah dan luar Pasar Sarinah untuk mencoblos dirinya sebagai Caleg anggota DPRD Kabupaten Tebo Nomor urut 3 partai PAN Dapil 3.

Terkait adanya polemik acara permainan Kim yang diduga menjadi ajang kampanye Caleg Azwar Anas, apakah masuk dalam pelanggaran pada tahapan - tahapan Pemilihan Legislatif Pemilu 2024, Teboonline.id mencoba konfirmasi kepada pihak Panwaslu Rimbo Bujang.

Ketua Panwaslu Rimbo Bujang, Budiman saat dikonfirmasi Teboonline.id mengatakan bahwa pihaknya sebenarnya juga telah mendapatkan informasi tentang kegiatan tersebut saat sedang berlangsung.

Namun, pihaknya berjanji akan menindak lanjuti adanya informasi tersebut dengan memanggil Azwar Anas untuk klarifikasi ke Sekretariat Panwaslu Rimbo Bujang karena yang selalu disebut - sebut adalah namanya sebagai Caleg pada permainan Kim tersebut.

"Kita akan panggil Azwar Anas untuk klarifikasi, ya memang kita lihat di Live Streaming akun FB Azuar Anas ada semacam ajakan kepada masyarakat untuk memilihnya pada Pileg 2024 dan video streaming ini bisa menjadi permulaan kita untuk melakukan klarifikasi,", sebut Budiman.

Yang jelas lanjut Budiman, Video streaming tersebut dan dugaan Kampanye pada permainan Kim dimana rekaman videonya sudah tersebar, nanti akan dipelajari oleh Panwaslu Rimbo Bujang dan akan diteruskan ke Bawaslu Tebo.

Terkait tindakan apa yang akan diberikan kepada Azwar Anas selaku Caleg yang diduga dikampanyekan pada permainan Kim tersebut, Budiman mengatakan bahwa Panwaslu Rimbo Bujang belum bisa melakukan tindakan karena statusnya masih DCS (Daftar Calon Sementara).

"Kalau sudah DCT (Daftar Calon Tetap), Caleg tersebut baru bisa diberikan tindakan apabila melanggar aturan seperti curi star kampanye, tindakan bisa sampai ke Diskualifikasi sesuai PKPU Nomor 15 tahun 2023. Namun karena ini masih DCS, Panwas hanya memberikan teguran atau himbauan saja. Namun, kejadian ini tetap kita proses agar tidak ditiru oleh Caleg lainnya dan membuat efek jera", ujar Budiman lagi.

Budiman juga menyatakan bahwa pihaknya tidak mendapatkan pemberitahuan adanya acara tersebut dari Partai atau Caleg maupun simpatisan yang terlibat dalam acara tersebut. Ia pun menyadari bahwa Pihaknya tidak diberitahu, karena tahapan Pemilu 2024 belum dimulai.

Sebagai tahapan proses oleh Panwaslu Rimbo Bujang akhir Budiman, informasi tersebut akan dibawa ke Rapat pleno terlebih dahulu dan Panwaslu Rimbo Bujang akan berkoordinasi dengan Bawaslu Tebo. Satu atau dua Hari kemudian, barulah Azwar Anas akan dipanggil untuk klarifikasi.(crew)




Type above and press Enter to search.