TfY7TSdpTpClTpW5Gpr8Gfr9

Petani Sungai Bengkal Terancam Gagal Panen, Ada Apa?

Longsor, Dam Sawah Batu Cincin longsor dan Sawahoun terancam kekeringan.

TEBOONLINE.ID - Dam atau bendungan sawah Batu Cincin, Dusun Tanjung Sari, Kelurahan Sungai Bengkal, Kecamatan Tebo Ilir, Kabupaten Tebo Jambi, longsor karena tergerus air banjir luapan Sungai Ketalo beberapa bulan yang lalu.

Akibat Dam yang juga difungsikan sebagai jalan akses untuk mengeluarkan hasil panen tersebut longsor, petani sawah Batu Cincin terancam kekeringan dan gagal panen.

"Bukan hanya gagal panen, tapi kalau bendungan ini tidak segera diperbaiki, tahun depan petani juga tidak akan bisa turun ke sawah," kata Sudarmadi, Ketua RW Tanjung Sari kepada Teboonline.id, Kamis (31/08/2023).

Ketua RW Tanjung Sari ini juga menerangkan bahwa, selain untuk menahan air sawah, bendungan itu juga difungsikan sebagai akses jalan untuk mengeluarkan hasil kebun sawit dan karet warga.

"Hasil kebun sawit dan karet warga juga keluarnya lewat bendungan itu," terangnya.

Eko Wahyudi, Lurah Sungai Bengkal membenarkan hal tersebut. Dia mengatakan bahwa permohonan agar Dam tersebut diperbaiki sudah disiapkan.

"Benar, dan proposal pengajuan perbaikan sudah kita siapkan, Insha Allah pekan depan sudah kita sampaikan ke Bapak Kadis PUPR," kata Lurah saat dikonfirmasi Teboonline.id, Kamis (31/08/2023).

Dirinya berharap, bendungan itu bisa segera diperbaiki supaya sawah petani tidak kekeringan, dan warganya bisa menikmati hasil sawah seperti biasanya.

"Kita berharap bendungan itu bisa segera diperbaiki, supaya petani bisa panen seperti biasanya," harap Lurah. (crew)

Type above and press Enter to search.