TfY7TSdpTpClTpW5Gpr8Gfr9

Sulit Air Bersih, Warga Desa Suka Maju Berterimakasih Dapat Alokasi Pamsimas

Menara Bak Air Bersih Pamsimas Dusun Dulang Mas Jalan Malabar desa Suka Maju.

TEBOONLINE.ID - Masyarakat Dusun Dulang Mas Jalan Malabar Desa Suka Maju Kecamatan Rimbo Ulu Kabupaten Tebo Jambi, berasa ketiban buah Durian pada tahun 2023 ini. Pasalnya, warga setempat saat ini telah memiliki sumber air bersih dimana selama ini mereka cukup kesulitan untuk mendapatkannya.

Kepala Dusun Dulang Mas, Jumanto pada Teboonline.id mengungkapkan bahwa sudah bertahun - tahun warganya cukup kesulitan untuk mendapatkan air. Setiap harinya, warga menggunakan air yang tersedia dan terdekat dikarenakan wilayah Dusun Dulang Mas berada didataran tinggi.

Sehingga, warga cukup kesulitan untuk mendapatkan air. Ada warga yang membuat Sumur galian, namun sumber air dalam sumur tersebut juga tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan harian. Karena Sumur buatan galian tersebut akan ada air ketika turun hujan lebat. Kalau tidak hujan seminggu saja, Sumur akan mengalami kekeringan air.

"Air Rawa yang warnanya agak kuning itu yang digunakan warga selama ini baik itu konsumsi atau untuk mandi, ya Alhamdulillah sekali Pemerintah Desa mengarahkan alokasi Pamsimas ke Dusun kami Dulang Mas," ujar Kadus.

Kadus Jumanto yang nota bene Satkorlak Program Pamsimas di Dusun Dulang mas ini menyampaikan ucapan terimakasihnya mewakili masyarakat kepada Pemdes Suka Maju, Pemerintah Kecamatan dan Kabupaten yang telah membantu warga Dusun Dulang Mas jalan Malabar sehingga saat ini dan ke depannya, warga Dusun Dulang Mas tidak lagi kesulitan akan air bersih.

"Untuk Pamsimas Dusun Dulang Mas, ada 58 Kepala Keluarga yang menikmatinya atau ada 58 Sambungan Rumah (SR). Mereka tidak lagi menyedot air rawa dengan mesin air yang jaraknya kisaran 200 meter dari rumah," cetus Kadus Jumanto.

Terakhir Kadus Jumanto menceritakan kesedihan warganya akan air. Ketika tidak turun hujan, Rawa-rawa yang dijadikan sebagai sumber air warganya, mengalami kekeringan karena disekitar Rawa saat ini terdapat Kebun Sawit dimana Kebun Sawit juga sangat banyak membutuhkan air dan tentunya Air Rawa itu juga dibutuhkan oleh tanaman Sawit.

Terkait alokasi Pamsimas berada di Dusun Dulang Mas, Jumanto mengatakan bahwa pihaknya sudah berulangkali mengusulkan dan baru ini dikabulkan dan didamping itu 3 kali meminta tanah hibah untuk lokasi Pamsimas, baru kali ini ada warga yang ikhlas menghibahkan.

"Sekarang masalah air bisa diatasi dengan Pamsimas dan ke depan bisa berjalan sesuai harapan warga karena air adalah kebutuhan pokok sesuai program pemerintah untuk menjaga stunting dan Alhamdulillah stunting di Dusun kami tidak ada. Warga cukup antusias menyambut dan senang kepada pemerintah yang sudah membantu masyarakat Dulang Mas," pungkasnya.

Sementara itu, Kades Suka Maju Hari Anggoro mengatakan bahwa warga Dusun Dulang Mas jalan Malabar sangat mendambakan sumber air bersih karena disana memang cukup sulit untuk mendapatkan air bersih. Berdasarkan kondisi itu lah, Pamsimas dialokasikan di Dusun Dulang Mas.(crew)


Type above and press Enter to search.