TfY7TSdpTpClTpW5Gpr8Gfr9

MUI Singgung Ada Perbedaan 1 Syawal 1444 Hijriyah

 

Ilustrasi.

TEBOONLINE.ID - Kementerian Agama (Kemenag) RI menetapkan awal puasa Ramadan 1444 H serentak jatuh pada hari ini, Kamis 23 Maret 2023. Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengucap syukur atas ketetapan tersebut. Namun Menurut MUI, bisa saja terjadi perbedaan saat Idulfitri 1 Syawal 1444 H nantinya.

“Pertama-tama kami mengucapkan syukur Alhamdulillah kepada Allah SWT bahwa tahun ini kita serempak berpuasa pada esok hari, 23 Maret 2023, 1 Ramadan,” ujar Jaidi di Kantor Kementerian Agama (Kemenag), Jakarta Pusat, Rabu (22/3/2023).

“Yang kemungkinan terjadi perbedaan adalah nanti di 1 Syawal-nya,” lanjutnya.

Meski terdapat perbedaan, Jaidi berpesan agar hal tersebut tidak dijadikan sebagai masalah.

“Bisa sama-sama ataupun kalau ada perbedaan jangan menjadikan perbedaan di antara kita. Sikap kita sebagai umat islam, kita sebagai warga bangsa tetap saling hormat-menghormati di antaranya satu dengan yang lain,” ujarnya.

Sebelumnya, hal serupa telah disampaikan Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Mereka lebih dulu menetapkan 1 Ramadan 1444 Hijriah pada Kamis (23/3).

Selain itu, Muhammadiyah juga sudah menetapkan Idulfitri 1 Syawal 1444 Hijriah jatuh pada Jumat Pahing, 21 April 2023.

Ketum PP Muhammadiyah Haedar Nashir menyoroti perbedaan ketetapan idulfitri karena metode perhitungan yang dipakai tidak sama.

“Ada kemungkinan 1 Syawal atau Idulfitri dan Iduladha 10 Zulhijah, berbeda, karena perbedaan metode yang dipakai,” tutur Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir di kantornya, Kota Yogyakarta, Senin (6/2) lalu.

 

 

Editor : S.Supriyadi 

 

Type above and press Enter to search.