TfY7TSdpTpClTpW5Gpr8Gfr9

Firdaus : Penganggaran Proyek Siluman Rehab Kandang Rusa Rumdin Bupati Tebo Jelas Janggal

Kandang Rusa di Rumdin Bupati Tebo yang saat ini sedang direhab, namun proyek tersebut terlihat janggal dalam penganggarannya.

TEBOONLINE.ID – Diberitakan sebelumnya, diduga ada proyek Siluman Kandang Rusa di rumah dinas Bupati Tebo. Pekerjaannya pun telah berjalan dalam beberapa pekan waktu ini. Penganggaran rehab Kandang Rusa di rumah dinas Bupati Tebo pun dianggap janggal oleh Ahmad Firdaus.

Pasalnya, menurut aktivis Tebo - Jambi ini, kandang Rusa tersebut telah dikerjakan beberapa Minggu yang lalu, sementara dananya baru dianggarkan di APBD Perubahan.

Yang membuat janggal kata Firdaus, Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Tebo dalam rangka penyampaian nota pengantar rancangan peraturan daerah Kabupaten Tebo tentang perubahan APBD Kabupaten Tebo tahun 2022 baru digelar pada Selasa, 20 September 2022.

Kemudian, ujar dia, hari ini, Senin, 26 September 2022, DPRD Kabupaten Tebo baru selesai menggelar Rapat Paripurna dengan agenda Penyampaian Pendapat Fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Tebo Terhadap Nota Pengantar Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Tebo Tentang Perubahan Anggaran Belanja Daerah Tahun Anggaran 2022 Dan Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Tebo Tentang Penyerahan Dan Pengelolaan Prasarana, Sarana Dan Utilitas Perumahan.

"DPRD Kabupaten Tebo baru saja selesai Rapat Paripurna pembahasan APBD Perubahan, faktanya kandang Rusa itu sudah dikerjakan jauh hari sebelumnya," kata Firdaus, Senin, 26 September 2022.

Menurut dia, pekerjaan peningkatan kandang Rusa seharusnya diusulkan terlebih dahulu, selanjutnya baru disahkan melalui rapat paripurna DPRD Kabupaten Tebo. 

"Setelah disahkan baru bisa dikerjakan, bukan sebaliknya, dikerjakan dahulu baru dianggarkan," ketus dia.

Agar tidak ada kerancuan terkait kandang Rusa itu, Firdaus minta kepada Aparat Penegak Hukum (APH) untuk mengecek langsung kandang Rusa tersebut.

"Tolong APH di cek lagi, mulai dari penganggaran sampai pengerjaan. Informasi yang saya dapat, kandang Rusa itu sudah dikerjakan beberapa Minggu yang lalu diduga dikerjakan oleh oknum ASN," pungkasnya.

Diketahui, pembangunan kandang Rusa di rumah dinas Bupati Tebo, Provinsi Jambi yang tengah menjadi sorotan dibenarkan Pj Bupati Tebo, Aspan.

Dia mengatakan jika saat ini pihaknya tengah memperbaiki kandang Rusa tersebut, "Pembangunan tidak ada, kalau perbaikan memang ada. Pakai dana sendiri," kata Aspan saat dikonfirmasi usia Rapat Paripurna di kantor DPRD Kabupaten Tebo, Senin, 26 September 2022.

Namun Aspan tidak menepis jika telah menganggaran biaya untuk peningkatan kandang Rusa tersebut.

Dikatakannya jika peningkatan kandang Rusa tersebut telah dianggarkan melalui APBD Perubahan. "Sudah dianggarkan di perubahan, tahun 2022 ini dikerjakan," pungkasnya.

Informasi yang dirangkum Teboonline.id, pembangunan kandang Rusa di rumah dinas Bupati Tebo tersebut telah dikerjakan sejak beberapa pekan lalu.

Kabar pembangunan kandang Rusa itupun menjadi sorotan publik. Pasalnya, hingga saat ini belum diketahui sumber anggaran atau Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) proyek pembangunan kandang Rusa tersebut.

Kuat dugaan jika pembangunan kadang Rusa dan gazebo tersebut tidak dianggarkan di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Murni maupun APBD Perubahan tahun 2022.

Proyek siluman tersebut saat ini tengah dikerjakan dan dikabarkan menelan anggaran sekitar Rp 150 juta. Namun belum diketahui asal Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) proyek itu.

Dari penelusuran Teboonline.id di website LPSE Kabupaten Tebo, tidak ditemukan paket proyek terkait pengerjaan atau peningkatan kandang Rusa dan pembuatan gazebo itu.

Terkait hal ini, kuat dugaan jika proyek kandang Rusa yang tengah dikerjakan ini akan dipaksakan dianggarkan pada APBD Perubahan.(crew)

Type above and press Enter to search.