TfY7TSdpTpClTpW5Gpr8Gfr9

TPS 3 R Senilai Rp 400 Juta Di Desa Rimbo Mulyo, Mangkrak

TPS 3 R di desa Rimbo Mulyo tidak beroperasi alias mangkrak akibatnya Pemda Tebo menjadi kesulitan untuk mendapatkan program bantuan dari Pemerintah pusat 

TEBOONLINE.ID - Tempat Pengolahan Sampah (TPS) 3 R yang berdiri di jalan 16 desa Rimbo Mulyo Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo, mangkrak atau tak beroperasi usai dibangun pada tahun 2016 lalu dengan menelan Dana APBN sebesar Rp 400 juta.

Menurut informasi yang didapat Teboonline.id,  TPS 3 R tersebut dikelola oleh KSM (Kelompok Swadaya Masyarakat) Sakura Cemerlang yang diketuai oleh Taroja. Seharusnya TPS 3 R itu beroperasi untuk mengolah sampah organik dari masyarakat setempat menjadi pupuk organik karena didalamnya sudah dilengkapi dengan mesin pengolah Sampah organik yang lengkap dan 3 sepeda motor angkut dengan biaya pembeliannya cukup fantastis.

Sehingga sampah organik yang berupa sisa-sisa sayuran dan buah-buahan dari rumah tangga dan pedagang tidak dibuang ke TPS dan ini akan mengurangi timbulan sampah. Akan tetapi selama ini sampah-sampah organik tersebut dibuang ke TPS dan mengakibatkan sampah di TPS menumpuk dan ketika membusuk menimbulkan bau tidak sedap.

Terkait hal ini, Kepala Dinas LH dan Perhubungan Kabupaten Tebo melalui Kepala Bidang Pelayanan Kebersihan, Pengelolaan Sampah dan RTH, Arif Budiman saat dikonfirmasi Teboonline.id membenarkan hal itu.

"Sayang sekali TPS 3 R desa Rimbo Mulyo tidak beroperasi padahal perlengkapannya lengkap. Ketuanya sudah kita ajak koordinasi tapi yang bersangkutan tidak proaktif dan imbasnya Akibat dari tidak beroperasinya TPS 3 R ini, kita susah mendapat bantuan dari Pemerintah pusat," ungkap Arif, pada Jumat (08/04/2022).

Memang lanjutnya, TPS 3 R Rimbo Mulyo ini tidak mendapatkan alokasi dana operasional dari Pemda karena TPS 3 R ini murni masyarakat yang mengelola, dana operasional bisa didapat dari hasil penjualan pupuk organik.

"Di Bungo saja, orang membeli pupuk organik dari TPS seperti ini sampai mengantri karena permintaan banyak. Kita sebagai pembina disini pengen TPS 3 R Rimbo Mulyo ini beroperasi," Harap Arif Budiman.

Sementara itu, Ketua KSM Sakura Cemerlang, Taroja yang mengelola TPS 3 R Rimbo Mulyo tersebut ketika dikonfirmasi via HP oleh Teboonline.id, tidak merespon.(crew)



Type above and press Enter to search.