TfY7TSdpTpClTpW5Gpr8Gfr9

Jaringan Air Minum DAK SPAM Desa Sapta Mulia, Siap Dioperasikan

Tower Air Minum DAK SPAM Desa Sapta Mulia, Poto kanan: Frengki, pelaksana KKM.

TEBOONLINE.ID - Jaringan air bersih program Dana Alokasi Khusus (DAK) Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di desa Sapta Mulia Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo, saat ini dalam tahap finishing. Demikian disampaikan oleh Frengki, salah satu anggota Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KKM) sebagai pelaksananya.

"Alhamdulillah jaringan DAK SPAM Desa Sapta Mulia sudah siap untuk dioperasikan, saat ini tinggal tahap finishing atau tinggal membenahi mana yang kira-kira perlu dirapikan lagi," sebut Frengki pada Teboonline.id, Minggu (13/12/2021).

Untuk uji coba jaringan, ia bersama Satlak sudah melakukannya dan jaringan pipa yang sudah tertanam pun tidak menemui masalah. Air bersih tersebut dapat disalurkan ke rumah - rumah warga yang mendapatkan program air bersih ini secara maksimal.

"Untuk operasinya, kita masih berkoordinasi dengan dinas PUPR dan lagian pekerjaan ini juga belum serah terima. Yang jelas, jaringan air bersih ini sudah siap untuk dioperasikan," tegasnya.

Terkait berapa kuota Kepala Keluarga yang mendapatkan Saluran Rumah (SR), KKM ini pun membeberkan bahwa ada 60 KK dan tambahan program AHU sebanyak 15 KK dan total keseluruhan KK yang menjadi pelanggan air bersih SPAM ini sebanyak 75 KK.

Frengki pun mengungkapkan bahwa, pelanggan SPAM ini mendapatkan gratis pemakaian air bersih selama satu bulan dan bulan berikutnya dikenai biaya bulanan. Ia pun berharap agar ke depannya, semua pelanggan air bersih SPAM ini selalu kooperatif dalam pembayaran rutin bulanannya.

"Untuk biaya bulanannya, tolak ukurnya pada satu bulan pemakaian gratis pada bulan pertama dan biaya perkubik airnya tentunya dibawah tarif PDAM," sebut Frengki.

Mewakili Pemdes dan masyarakat desa Sapta Mulia, Frengki pun menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak terkait yang mengarahkan DAK SPAM ke desa Sapta Mulia dan ia pun berharap tahun depan, Sapta Mulia kembali menjadi desa penerima alokasi DAK SPAM.

"Masih banyak warga desa Sapta Mulia yang kesulitan untuk mendapatkan air bersih, kami berharap tahun depan Sapta Mulia kembali mendapatkan DAK SPAM," harap Frengki.(crew)


Type above and press Enter to search.