TfY7TSdpTpClTpW5Gpr8Gfr9

Jaksa Selidiki Indikasi Kerugian Negara Pada Proyek Jalan Padang Lamo

Kajari Tebo Imran Yusuf.

TEBOONLINE.ID - Proyek peningkatan jalan Padang Lamo Kabupaten Tebo provinsi Jambi, diindikasikan ada kerugian negara didalamnya setelah pihak Kejari Tebo melakukan ekspos dihadapan Auditor BPKP Provinsi Jambi.

Kejaksaan Negeri (Kajari) Tebo, mengakui ada indikasi kerugian negara terhadap pengerjaan proyek peningkatan Jalan Padang Lamo Kabupaten Tebo tersebut, namun dihadapan Wartawan, pihak Kejari Tebo masih belum mau menyampaikan jumlah kerugian tersebut. Termasuk rekanan dan perusahaan yang bertanggung jawab atas kegiatan merugikan uang negara tersebut.

"Menindaklanjuti laporan masyarakat, kita lakukan penyelidikan pada awal Maret 2021 lalu. Kemudian kita menemukan indikasi kerugian uang negara terhadap kegiatan perbaikan jalan Padang Lamo. Kita juga sudah melakukan ekspos bersama auditor BPKP Jambi," ujar Kepala Kejari Tebo Imran Yusuf, pada Selasa kemarin (12/10/2021) kepada awak media.

Lalu mengakui ditemukan indikasi ini, sebelumnya pihaknya bekerja sama dengan labor jalan di Bandung dan melakukan penyelidikan satu tahun anggaran. Namun setelah melakukan ekspos, akhirnya persoalan ini dilakukan 4 tahun anggaran karena indikasi kerugian uang negara.

Lagi-lagi, Imron Yusup tidak bersedia menyebutkan proyek dikerjakan oleh perusahaan siapa dan jumlah kerugian uang negara. 

"Kami belum bisa menyebutkan siapa pemenang tender dan berapa jumlah indikasi kerugian uang negara," ujarnya seraya minta maaf kepada awak media.

Tapi, ia menyampaikan perbaikan jalan Padang Lamo 2017-2020 dibiayai APBD Provinsi Jambi, dengan anggaran sekitar Rp 40 miliar. Hanya saja pihaknya mengakui sudah memanggil beberapa orang saksi dan mengkonfirmasi beberapa pihak BPK, PPTK, Pantia lelang maupun rekanan yang dimenangkan dalam kegiatan tersebut.

"Nanti hasil ini semuanya kita sharing dengan teman-teman auditor untuk menentukan siapa subjek hukum yang bertanggung jawab dan harus bertanggung jawab secara pidana," pungkasnya.(crew)


Type above and press Enter to search.