TfY7TSdpTpClTpW5Gpr8Gfr9

Di Desa Melako Intan, Bupati Tebo Panen Padi Sawah Bersama


TEBOONLINE.ID - Kegiatan Panen bersama Padi Sawah di Gapoktan Tunas Muda Desa Malako Intan Kecamatan Tebo Ulu digelar secara meriah, Senin (14/06/2021).

Panen Bersama Padi Sawah tersebut dilakukan Bupati Tebo Dr. H. Sukandar, S.Kom, M.Si, Wakil Bupati Syahlan, SH, Dandim 0416' Bute Letkol. Inf. Arianto M. Subagyo, Perwakilan Kadis Pertanian Provinsi Jambi, Kadis TPHKP M. Ziadi dan perwakilan BPS Tebo.

Bupati Tebo H. Sukandar usai acara kepada awak media  menyampaikan, jumlah areal sawah yang di panen cukup signifikan yakni 195 Ha. Mudah-mudahan bisa untuk swasembada beras bagi Desa Malako Intan dan bisa dijual ke desa-desa lain dalam Kecamatan Tebo Ulu.

"Kita berharap agar Kelompok Tani yang lain, mulai VII Koto sampai dengan Tebo Ilir bisa melakukan kegiatan yang sama,” pinta Bupati Tebo ini.

Kemudian kata Bupati Sukandar, potensi beras sawah di Kabupaten Tebo cukup menjanjikan dan mudah-mudahan bisa menutupi kebutuhan masyarakat daerah ini.

"Untuk menuju potensi swasembada beras diperlukan kerjasama yang baik antara Poktan, Kades, para Camat dan Kepala OPD. Ditambah bantuan Provinsi dan APBN agar target swasembada beras bisa tercapai,” tegas H. Sukandar 

Dalam laporan Kadis TPHKP Tebo M. Ziadi  bahwa lokasi panen bersama ini seluas 195 Ha, berdasarkan ubinan diperoleh produksi rata-rata 6,24 ton/Ha GKP atau 5,36 ton/Ha GKG dan kalau di konversi ke beras menjadi 3,32 ton.

Lebih lanjut dilaporkan M.Ziadi, setelah panen ini para petani akan segera mengolah tanahnya lagi untuk ditanam padi dengan persiapan benih sebanyak 7.200 kg untuk dua musim tanam. Benih merupakan bantuan kegiatan peningkatan produksi padi APBN Tahun 2021.

Tampak hadir pada acara Panen bersama Padi Sawah antara lain Mewakili Dinas Pertanian Prov. Jambi, beberapa Kepala OPD, Manajemen PT. LAJ dan para undangan lainnya.(crew)


Type above and press Enter to search.