TfY7TSdpTpClTpW5Gpr8Gfr9

Bahas Rencana Munas I, 20 Pengurus JMSI SE Indonesia Ikuti Rakorev

Rakorev JMSI via Video Konferensi.
TEBOONLINE.ID, JAKARTA - Rapat Koordinasi dan Evaluasi (Rakorev) Jarinangan Media Siber Indonesia (JMSI) terlaksana dengan baik, Sabtu (02/05/2020). Rakorev yang dilaksanakan secara virtual ini diikuti 20 Pengurus JMSI Provinsi se Indonesia dari 26 pengurus yang ada dan dibuka langsung oleh Plt. Ketua Umum (Ketum) JMSI, Mahmud Marhaba.

Langkah organisasi menggelar Rakorev ini tidak lain menjawab siatuasi bawah Covid-19 yang menimpa bangsa ini. Diketahui, pasca deklarasi JMSI di Banjarmasin Kalimantan Selatan, 8 Februari 2020 lalu memutuskan, Musyawarah Nasional (Munas) I JMSI dilaksanakan pada bulan Juni 2020 mendatang. Namun, karena situasi dan kondisi bangsa yang dalam pendemi Covid-19 ini, maka lewat Rakorev memutuskan jika Munas I tetap dilaksanakan pada waktu yang telah ditetapkan, bagaimanapun kondisinya bangsa ini.

Plt Ketum Mahmud Marhaba dalam keterangannya mengatakan jika hasil Rakorev mengamanatkan Munas JMSI I tetap dilaksanakan.

“Ya, itu sudah merupakan keputusan Rakorev JMSi untuk tidak menunda pelaksanaan Munas I JMSI di Riau Juni mendatang. Munas sendiri akan dilakukan secara virtual yang diikuti oleh seluruh pengurus JMSI di Indonesia,” ungkap Mahmud usai pelaksanaan Rakorev.

Ditambahkannya, langkah darurat ini dilakukan melihat situasi bangsa ini yang belum ada tanda-tanda akan berakhirnya wabah Covid-19 di Indonesia.

“Dalam kondisi Covid-19 melanda negeri ini atau InsyaAllah akan berakhir secepat mungkin, Munas tetap dalam rencana awal. Berbagai alternative pun dilakukan untuk mewujudkan keputusan organsiasi,” kata Mahmud Plt. Ketum JMSI itu.

Terkait dengan mekanisme pelaksanaan Munas nanti, pihak Panitia Pelaksanan Munas di Riau akan menggelarnya secara virtual dan akan diikuti oleh seluruh pengurus termasuk mengundang para pejabat tinggi seperti Ketua MPR RI, Menkominfo, Ketua dan anggota Dewan Pers, Mendagri, Kapolri serta para Duta Besar beberapa Negara sahabat yang sudah masuk dalam agenda sebelumnya.

Hal yangs sama juga ditegaskan oleh Plt, Ketua JMSI provinsi Riau, H. Dheni Kurnia saat menghadiri Rakorev malam tadi. Dirinya menjamin jika rencana pelaksanaan Munas I di daerahnya tetap dilaksanakan sesuai dengan rencana.

“Tak ada masalah, semua berjalan dengan baik. Apalagi kebijakan yang dilakukan tertuang dalam AD-ART JMSI dimana bisa melaksanakan kegiatan organisasi baik ditingkat Nasional maupun provinsi secara virtual dalam kondisi darurat seperti sekarang ini,” tegas watawan senior dan budayawan H. Dheni Kurnia kepada media ini.

Untuk itu, setalah Rakorev ini, pihaknya akan segara melakukan koodinasi dengan pihak pemerintah baik di pusat maupun di daerah guna melaporkan secara tertulis rencana Munas JMSI tersebut.

“InsyaAllah kami akan lakukan persiapan dengan baik termasuk dengan mempersiapkan undangan para pejabat ditingkat pusat maupun di daerah,” kata Plt. Ketua JMSI Riau yang diamini oleh Ketua Panitia Munas JMSI di Riau.

Sementara itu, Plt. Sekjen JMSI, Rahiman Dani dalam keterangannya mengatakan jika Pengurus Pusat JMSI akan mempersiapkan administrasi kelengkapan organisasi pers di daerah mulai dari SK Pengurus, administrasi perusahan pers di daerah serta kebutuhan lainnya termasuk penyempurnaan AD-ART JMSI.

“Yang jelas bahwa kami akan siapkan semua kelengkapan adminstrasi untuk legalitas Munas JMSI nanti,” tutup Rahiman Dani.(***)

Type above and press Enter to search.