TfY7TSdpTpClTpW5Gpr8Gfr9

Mantap... Pemkab Tebo Raih Predikat B Implementasi SAKIP

Menteri PANRB RI memberikan penghargaan kepada Wakil Bupati Tebo Syahlan Arfan. 
TEBOONLINE.ID - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia memberikan Apresiasi dan Penyerahan Laporan Hasil Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) kepada daerah yang telah melakukan pencapaian prioritas pembangunan nasional melalui perencanaan dan penganggaran yang terintegrasi, efektif, efisien serta monitoring dan evaluasi terhadap hasil pembangunan.

Wakil Bupati Tebo, Syahlan, SH., menerima penghargaan tersebut yang diserahkan langsung oleh Menpan RB, Tjahjo Kumolo dengan nilai hasil evaluasi 62,90 atau setara dengan predikat B di Radisson Convention Center Batam, Senin (10/02/2020).

Menpan Tjahjo mengatakan Implementasi SAKIP yang dilaksanakan setiap pemerintah daerah tidak hanya untuk kepentingan daerah itu sendiri, akan tetapi lebih dari itu harus juga berdampak langsung kepada masyarakat.

Lebih lanjut Menpan Tjahjo mengatakan evaluasi atas implementasi SAKIP adalah untuk menilai akuntabilitas atas hasil penggunaan anggaran dalam rangka terwujudnya pemerintah yang berorientasi pada hasil dan memberikan saran perbaikan yang diperlukan.

Wabup Syahlan didampingi Inspektur, Kepala Bappelitbangda, dan Kabag Organisasi Setda mengatakan bahwa capaian ini merupakan bukti Pemerintah Kabupaten Tebo konsisten dalam melakukan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah.

Kedepannya Wabup Syahlan berharap Kabupaten Tebo harus mampu meningkatkan kualitas pembangunan yang lebih baik yang harus berbanding lurus dengan meningkatnya kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh.

"Kita syukuri pencapaian untuk tahun ini, namun kedepannya perbaikan harus ditingkatkan. Sesuai arahan Menteri kita akan terus dorong upaya peningkatan efektivitas dan efesiensi anggaran melalui berbagai upaya yakni penyempurnaan Cascading kinerja, target kinerja melalui kolaborasi OPD, monev berkala untuk semua program pembangunan," jelas Wabup.

Hasil evaluasi SAKIP dari 185 Pemda yang terdiri atas 11 Provinsi dan 174 Kabupaten/ Kota dilaksanakan terhadap 5 komponen besar manajemen kinerja yang meliputi Perencanaan Kerja, Pengukuran Kinerja, Pelaporan Kinerja, Evaluasi Kinerja dan Pencapaian Sasaran/ Kinerja Organisasi.(crew)

Type above and press Enter to search.