TfY7TSdpTpClTpW5Gpr8Gfr9

Kepala SMA/SMK di Tebo Kelabakan, Baru Seminggu Cair Dana BOS, Disuruh Kembalikan

TEBOONLINE.ID - Para Kepala Sekolah di Kabupaten Tebo provinsi Jambi khususnya Kepala SMA dan SMK, merasa kelabakan karena baru seminggu menerima Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), diminta untuk mengembalikan lagi ke rekening oleh pihak Dinas Pendidikan Provinsi Jambi.

Padahal, paska turunnya dana BOS, pihak sekolah sudah membelanjakannya untuk kebutuhan sekolah dan membayar hutang ke toko.

"Dana BOS sebagian sudah untuk bayar hutang ke toko karena selama dana BOS belum cair, pihak sekolah pinjam barang ke toko untuk memenuhi kebutuhan sekolah dan setelah dana BOS cair baru sekolah bayar. Karena pihak dinas minta agar dana BOS dikembalikan ke rekening ya mau tak mau kami kembalikan meskipun kami terpaksa cari hutangan lagi," kata salah satu Kepsek di Tebo yang tak mau disebut namanya pada Teboonline.id, Sabtu (29/02/2020).

Sementara itu, Ketua MKKS Kabupaten Tebo Sularno pun mengakui bahwa para Kepsek di Kabupaten Tebo menjadi kelabakan karena diminta untuk mengembalikan dana BOS ke rekening setelah ada perintah untuk mengambil dana BOS yang sudah ada di rekening sekolah paska transfer dari pusat.

Ia pun mengungkapkan bahwa perintah pengembalian sementara dana BOS ke rekening oleh dinas Pendidikan Provinsi Jambi karena belum ditandatanganinya Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi.

"Untuk pengambilan dana BOS di rekening itu, RKASnya harus ditandatangani dulu oleh Kepala Dinas dan itu adalah perintah dari BPK. Kenapa bisa terjadi adanya pengambilan dana BOS sebelum RKAS diteken Kadis, ini karena ada peralihan transfer dana BOS dan pihak dinas mungkin belum sempat sosialisasi ke sekolah - sekolah tentang proses pengambilan dana BOS tersebut," terang Sularno.

Sebelumnya, tahapan dana BOS, dari pusat ke daerah dan kemudian ditransfer ke rekening sekolah. Namun saat ini untuk proses pencairan dana BOS, pusat langsung transfer ke rekening sekolah dan pencairannya pun percawu atau 4 bulan sekali atau 3 kali dalam setahun.

"Kita berharap setelah diminta untuk dikembalikan, dana BOS bisa cair lagi secepatnya karena Kamis ini rencananya akan ada rekonsiliasi," akhir Sularno. (crew)

Type above and press Enter to search.