Tuesday, 5 November 2019

Kepala BAKEUDA Tebo Nazar Efendi sambutan Launching aplikasi Sim BPHTB. 
TEBOONLINE.ID - Kepala BAKEUDA Kabupaten Tebo Nazar Efendi menjelaskan bahwa demi percepatan pembangunan serta menutup peluang terjadinya fraud atau kecurangan -kecurangan dan tindakan penyelewengan dalam proses pengumpulan pajak dan retribusi daerah, Pemerintah Kabupaten Tebo meluncurkan Sim BPHTB dan menggelar sosialisasi pengunaan aplikasi Bea Perolehan Hak Atas Tanah  dan Bangunan (BPHTB).

"Program  SIM BBPHTB merupakan salah satu upaya dalam menghadapi kemajuan teknologi 4.0. Tujuan pemerintah daerah atas pelayanan BPHTB diharapkan dapat mengoptimalkan pendapatan BPHTB yang menjadi Pendapatan Asli Daerah (PAD) serta meningkatkan mutu pelayanan BPHTB ke masyarakat.

“Aplikasi SIM BPHTB yang dibangun ini ditujukan untuk mempermudah dalam layanan kepada masyarakat umum dalam membayar BPHTB dan membantu semua stake holder yang terlibat (PPAT, BPN) untuk memperoleh data dan menghitung kewajiban secara transfaran dan kecepatan pelayanan dalam BPHTB serta menciptakan basis data untuk mempermudah evaluasi dan pelaporan,” ungkapnya.

Lanjut Nazar, penggunaan aplikasi Sim-BPHTB juga sebagai salah satu terobosan guna mendongkrak penerimaan pajak dari sector BPHTB. Hal ini sejalan dengan kerjasama yang telah disepakati dengan BPN.

Penggunaan aplikasi ini juga sebagai salah satu langkah untuk menerapkan tax-clearence dimana pengelolaan BPHTB pada Badan Keuangan Daerah akan terintegrasi dengan sistem pada Kantor Pertanahan secara host to host.

Sementara, Sekda Tebo Drs. Teguh Arhadi menyambut baik program yang dicetuskan oleh pihak Bakeuda Tebo. Dia berharap dengan telah diterapkannya SIM BPHTB akan mampu meningkatkan penerimaan BPHTB dimasa yang akan datang.

“Aplikasi SIM BPHTB ini dapat dimanfaatkan untuk kemajuan dan kemudahan kita bersama demi membangun kemandirian Kabupaten kita tercinta ini,” ungkap Sekda. (crew)