Wednesday, 19 June 2019

BIMTEK Pengadaan barang dan jasa, kegiatan ini digelar oleh LAPD bekerjasama dengan DPMD Tebo yang diikuti oleh TPK dan perangkat desa se Kabupaten Tebo. 

TEBOONLINE.ID – Lembaga Ahli Pengadaan Desa (LAPD) bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Tebo dan APDESI Kabupaten Tebo, menggelar Bimbingan Tekhnis (Bimtek) Pengadaan Barang dan Jasa yang diikuti oleh puluhan Tim Pengelola Kegiatan (TPK) perangkat desa se Kabupaten Tebo.

BIMTEK yang digelar di Hotel Semagi Muara Bungo ini, diawali dengan pembukaan yang dilakukan oleh Kepala DPMD Kabupaten Tebo Suyadi yang mewakili Bupati Tebo di aula utama kantor Bupati Tebo pada Rabu (19/06/2019).

Hadir pada pembukaan tersebut selain peserta, Direktur Organisasi dan Kerjasama antar lembaga Anton Djunaedi dan Satgas Dana Desa, Douglas. Pada sambutannya, Kepala DPMD Suyadi menyampaikan kepada para peserta Bimtek akan pentingnya para perangkat desa mengikuti Bimtek pengadaan barang dan jasa ini karena materi yang disampaikan pada Bimtek ini adalah tentang tekhnis pengelolaan Dana Desa.

“Pemateri dalam Bimtek pengadaan barang dan jasa ini yang menyampaikan adalah ahlinya, oleh karena itu Bimtek ini sangat bermanfaat sekali terhadap TPK dan perangkat desa, Bimtek akan memberikan pemahaman secara mendetail dan tekhnis kepada para TPK dan perangkat desa. Peserta juga akan mendapatkan Sertifikasi Pengadaan Barang dan Jasa dari LAPD,” sebut Suyadi.

Sementara itu, Anton Djunaedi pada sambutannya dihadapan puluhan perangkat desa mengatakan bahwa Bimtek keahlian Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) merupakan sebuah kebutuhan mutlak bagi perangkat desa agar dapat mengelola pemerintahan dan berbagai sumber daya alam yang dimiliki, termasuk pengelolaan keuangan dan kekayaan milik desa. Sehingga dengan demikian pemerintah desa secara mandiri dapat meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat desa.

“Bimtek PBJ desa ini dimaksudkan untuk memperkuat kompetensi Aparat desa khususnya para TPK (Tim Pengelola Kegiatan Desa) untuk melaksanakan PBJ desa secara akuntabel dan transparan. TPK yang kuat akan menjamin pembangunan desa yang lancar. Hal ini sesuai dengan Nawacita yang telah menjadi agenda prioritas pembangunan yang ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo,” tukas Anton.

Thomson Purba, salah satu panitia penyelenggara Bimtek PBJ pada Teboonline.id saat dikonfirmasi menyampaikan bahwa Bimtek angkatan 3 dan 4 yang diikuti TPK dan Perangkat Desa di Kabupaten Tebo, diyakininya akan berjalan dengan tanpa hambatan.
“Kita bersyukur meskipun belum ada 50 persen pesertanya dari keseluruhan Desa yang ada di Kabupaten Tebo, mudah – mudahan bagi yang belum mengikuti hari ini, ada peserta yang bisa menyusul mengingat Bimtek PBJ ini sangat penting sekali,” cetus Thomson. (crew)