KLIK GAMBAR UNTUK MELIHAT BROSUR LENGKAP

Thursday, 16 May 2019

TEBOONLINE.ID - Berdasarkan pleno KPU Tebo yang dihadiri oleh Bawaslu Tebo, saksi partai, saksi Caleg DPR dan DPDRI serta saksi Capres, perolehan suara terbanyak partai pada Pemilihan Legislatif Tebo 2019 sudah dapat diketahui.

Melalui rilis Situng KPU Tebo, peringkat perolehan suara terbanyak partai di Kabupaten Tebo tiap Dapilnya pun juga dapat diketahui. Diantaranya, peringkat 1 partai Golkar, peringkat 2 PDIP dan peringkat 3 partai Demokrat.

3 partai ini tidak berubah dari posisi sebelumnya yang menjadi partai pemenang pada Pileg 2014-2019. Kali ini, 3 partai tersebut tetap bertengger pada posisinya masing - masing menjadi partai pemenang Pemilu 2019 dan Pimpinan di DPRD Tebo Periode 2019-2024.

Namun, dari komposisi pimpinan DPRD Tebo 2019-2024 dari sebelumnya, Waka I bakal berganti nama karena Wartono Triyan Kusumo menjadi Caleg terpilih DPRD Provinsi Jambi.

Golkar, mampu mendulang perolehan suara 51.501 dengan jumlah 9 kursi, PDIP 32.348 suara dengan jumlah 6 kursi dan Partai Demokrat 18.941 dengan jumlah 4 kursi.

Sekjend DPD II Partai Golkar Tebo, Subhan Nazari saat dikonfirmasi Teboonline.id terkait siapa utusan partai Golkar menjadi pimpinan di DPRD Tebo, ia sedikit memberi gambaran bahwa yang bakal diajukan ke DPP sebagai utusan pimpinan DPRD Tebo adalah pengurus partai dan yang diprioritaskan adalah Ketua partai dimana Ketua DPD II Golkar Tebo adalah Agus Rubyanto yang saat ini menjabat sebagai Ketua DPRD Tebo.

Sementara, Syamsurizal Ketua DPC partai Demokrat Kabupaten Tebo saat dikonfirmasi terkait apakah dirinya selaku Ketua DPC partai Demokrat Kabupaten Tebo akan kembali menjadi Waka II DPRD Tebo utusan dari partai Demokrat, ia pun tidak menampik.

"Pasti yang berpengalaman dan sudah terbukti membawa partai Demokrat dari 0 berjaya di peringkat ke 3 selama 3 periode berturut - turut," sebut Iday mengisahkan dirinya yang telah membesarkan partai besutan SBY di Kabupaten Tebo ini.

"Kalau insya Allah saya terpilih lagi sebagai salah satu Wakil Ketua DPRD Tebo, menjadikan rekor satu - satunya putra aliran batang hari yang menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD selama 3 periode secara berturut selama Kabupaten Tebo berdiri," kata Iday lagi.

Sementara itu, PDIP saat ini masih menggodok siapa nanti yang bakal dipercaya sebagai Waka I DPRD Tebo dan nanti keputusannya oleh DPP. Namun, Ketua DPC PDIP Kabupaten Tebo menegaskan bahwa apabila tidak ada Ketua partai, maka Sekretaris partailah lah yang akan diangkat untuk menjadi pimpinan di DPRD.

"Kalau ada Ketua Partai, itu sudah mutlak ke Ketua partai untuk pimpinan DPRD. Karena tidak ada, pimpinan DPRD akan diambil oleh Sekretaris yaitu Ikhsanudin. Namun itu semua masih menunggu Juklak dan Juknis dari DPP karena untuk seorang Sekretaris yang menjadi Caleg terpilih apakah ada kriteria atau syarat lain untuk jadi pimpinan DPRD juga belum tahu," pungkas Tono. (crew)