Thursday, 4 April 2019

TEBOONLINE.ID - Dinas Perkebunan, Peternakan dan Perikanan (Disbunnakkan) Kabupaten Tebo menggelar Sosialisasi calon penerima bantuan Ternak Kambing dari Kementerian Pertanian RI tahun  2019 - 2020, bertempat di UPTD Balai Keswan Kesmavet dan RPH Kecamatan Rimbo Bujang, belakang pasar Pujasera Kelurahan Wirotho Agung, Kamis (04/04/2019).

Hadir pada Sosialisasi ini, Sapto Edi Kabid Peternakan Disbunnakkan Kabupaten Tebo, Nariyono Kasubag TU UPTD Balai Keswan Kasmavet dan RPH Rimbo Bujang, Pengurus Kelompok Tani (Poktan) dari Kecamatan Rimbo Bujang, Rimbo Ulu, Serai Serumpun dan Tebo Ulu.

Kabid Peternakan Disbunnakkan Kabupaten Tebo Sapto Edi mengatakan, untuk tahun 2019 ini ada sejumlah Poktan di Kabupaten Tebo yang mendapatkan bantuan Kambing dari pusat Kementan RI.

Sedangkan untuk tahun 2020 sejumlah Poktan di Tebo sudah ada yang mengajukan Proposal mohon bantuan Kambing melalui Disbunnakkan Tebo yang akan diteruskan ke Kementan RI.

"Kita sarankan kepada Poktan yang ada di Kabupaten Tebo supaya di Akte Notariskan untuk mendapatkan kekuatan hukum, kepada Poktan yang ada harus mengefektifkan fungsinya sehingga bantuan yang didapatkan nantinya dapat tepat guna dan berhasil guna," ujar Kabid Peternakan Sapto Edi.

Sementara, Koordinator Poktan Nariyono menuturkan, bantuan dari Kementan RI Pusat, Provinsi maupun Kabupaten diperuntukkan Poktan harus melalui pengajuan Proposal. Untuk itu setiap Poktan benar - benar harus profesional dan proforsional.

"Bentukan Poktan jangan instan karena mau menerima bantuan dari pemerintah, melainkan Poktan benar - benar eksis kegiatannya sebagai Kelompok Tani," tandas Naryono Koordinator Poktan. (byu)