Thursday, 25 April 2019

TEBOONLINE.ID - Bupati Tebo H. Sukandar, S.Kom., M.Si mengucapkan selamat Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke- XXIII kepada para lansia se-Kabupaten Tebo saat menghadiri acara HLUN yang mengambil tema Hari Lanjut Usia, Mandiri, Sejahtera, dan Bermartabat dalam Upaya Mewujudkan Tebo Tuntas 2019 yang diselenggarakan di Pendopo Rumah Dinas Kabupaten Tebo pada Kamis (25/04/2019).

Lebih lanjut, Bupati Tebo menekankan kepada para OPD agar menaruh perhatian serius terkait untuk mendata kebutuhan dan persoalan lansia di Kabupaten Tebo seperti apa. "Butuh bantuan kursi roda atau tongkat misalnya, sehingga kita bisa berikan fasilitas tersebut agar para lansia bisa beraktivitas seperti pada umumnya," ungkap Bupati dua periode tersebut.


HLUN sangat penting dilaksanakan sebagai wujud kepedulian dan penghargaan kepada lansia di Kabupaten Tebo. Momen ini menurut Komda Provinsi Jambi Ir. H. Haviz Husaini, MM. adalah sebagai pemantik agar para lansia jangan berhenti melkukan kegiatan ditengah masyarakat karena disitulah kita bisa melatih dan manjaga kemampuan otak agar tidak mudah pikun atau lupa.


Tak lupa beliau juga mengungkapkan kebanggaannya terhadap Kabupaten Tebo yang telah berbuat untuk para lansia, semua itu ditunjukkan dengan prestasi ditingkat provinsi dalam lomba Lansia Mandiri Provinsi Jambi tahun 2018 atas nama bapak Yusuf Umar.

Begitu pula Wakil Bupati Tebo sekaligus Ketua Komda Lansia Kabupaten Tebo Syahlan, SH mengungkapkan serta mengingatkan kepada para lansia bahwa mereka bukanlah beban untuk anak cucu akan tetapi mari buktikan bahwa kita mampu dan kita mandiri. "Terima kasih kepada Bapak Bupati sehingga kita bisa menganggarkan setiap tahunnya untuk lansia di Kabupaten Tebo dengan dua pos anggaran di Kesramas dan Dinas Sosial," apresiasi Syahlan, SH.

Dalam acara tersebut dibagikan pula paket sembako kepada semua lansia yang berjumlah 31 orang dari 12 Kecamatan. "Sebagai tanda menghargai keberadaan lansia, saling peduli dan berbagi kebahagiaan serta memotivasi masyarakat dan para darmawan untuk memperhatikan kesejahteraan lansia," ujar Kabag Kesramas Setda Kabupaten Tebo.

HLUN Kabupaten Tebo ini juga dihadiri oleh unsur Forkopimda Kabupaten Tebo, Sekretaris Daerah Kabupaten Tebo, para Staff Ahli, Asisten Setda, Kepala OPD, Camat se-Kabupaten Tebo, dan para Lansia se-Kabupaten Tebo. (crew)