TfY7TSdpTpClTpW5Gpr8Gfr9

Bahaya.... Ada Kantong Plastik Bekas Transfusi Darah Ditemukan di TPAS Rimbo Bujang

Limbah medis berupa kantong plastik bekas transfuri darah berisi sisa darah dan lengkap dengan selang. 
TEBOONLINE.ID - Telah ditemukan diduga kantong bekas transfusi darah di tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo, Kamis (07/03/2019) yang terletak di jalan 11 Kelurahan Wirotho Agung.

Kantong lengkap dengan selang dan sisa darah setelah dipakai, ditemukan oleh anggota Lembaga Penyelamat Lingkungan Hidup (LP2LH) Kabupaten Tebo.

Pada keterangan kantong bekas transfusi darah tersebut tertera tanggal dan keterangan golongan darah dengan tulisan tangan, itu diketahui setelah adanya pemberitahuan bahwa UTD RSUD STS Tebo didatangi oleh Perwakilan Lembaga Penyelamat Lingkungan Hidup menanyakan tentang permasalahan transfusi darah dan data penggunaan darah.

“Benar, saya mendapatkan laporan dari UTD RSUD STS Tebo yang merupakan mitra dari PMI Kabupaten Tebo, ada kunjungan dari LP2LH menanyakan soal Transfusi Darah, penggunaan kantong darah, data pendonor baik dari PMI atau UTD RSUD STS TEBO,” kata Slamet Setya Budi Sekretaris PMI Tebo, Jumat (8/3/2019).

Sambung Slamet Stya Budi, PMI Kabupaten Tebo menjelaskan bahwa penemuan Kantong Darah di TPAS Rimbo Bujang, bahwa Kantong Darah tersebut bukan limbah medis dari PMI Tebo maupun UTD RSUD STS Kabupaten Tebo. Karena Merk maupun Kode berbeda, dengan Kantong darah dari PMI dan UTD RSUD STS Tebo.

"Yang perlu digaris bawahi adalah baik PMI dan UTD RSUD STS Tebo tidak menjual atau melayani pasien yang akan membeli Kantong darah kecuali ada Surat permintaan darah dari Rumah Sakit, Klinik yang menangani pasien tersebut selanjutnya akan dicatat nomor registrasinnya,“ ujar Slamet.

Ditegaskan oleh Slamet lagi, PMI Kabupaten Tebo sangat mendukung kepada Lembaga Penyelamat Lingkungan Hidup Kabupaten Tebo, untuk melakukan investigasi terkait penemuan limbah medis segera dapat dituntaskan.

“Kita dukung sepenuhnya kepada Lembaga Penyelamat Lingkungan Hidup Tebo, agar segera dapat ditemukan limbah medis kantong darah berasal dari institusi mana,” pungkasnya. (asa)

Type above and press Enter to search.