KLIK GAMBAR UNTUK MELIHAT BROSUR LENGKAP

Wednesday, 9 January 2019

TARMIZI
Kades Paseban 
TEBOONLINE.ID - Cita - cita Tarmizi selaku pejabat Kades Paseban Kecamatan VII Koto Ilir Kabupaten Tebo provinsi Jambi, ingin membangun desa sedikit demi sedikit tampak terwujud. Cita - cita mulia ini, salah satunya diwujudkan melalui penggunaan Alokasi Dana Desa dan Dana Desa (ADD/DD).

Adanya ADD dan DD bagi desa sangat berpengaruh besar demi kelangsungan pembangunan desa jangka panjang. Seperti halnya desa yang ia pimpin saat ini, penggunaan ADD dan DD sangat menunjang laju pembangunan di desa Paseban baik itu dibidang infrastruktur maupun pembangunan Sumber Daya Manusianya (SDM) melalui pemberdayaan masyarakat.


"Perubahan desa Paseban cukup signifikan dengan mengoptimalkan penggunaan Dana Desa secara merata dan adil dan Alhamdulillah, perubahan itu sudah tampak dan dirasakan semua masyarakat. Namun, pembangunan desa ini tidak bisa langsung seluruhnya tapi secara bertahap," sebut Tarmizi pada Teboonline.id, Rabu (09/01/2019) saat berada dikediamannya.

Pembangunan fisik yang mencakup infrastruktur seperti pembangunan Rabat Beton, gedung Posyandu, Dreinase, pembukaan jalan produksi dan perkerasan jalan yang menjadi akses vital yang bertujuan untuk memudahkan mobilisasi masyarakat.

Kemudian pembangunan Pamsimas untuk penyaluran air bersih ke masyarakat yang dikelola oleh Bumdes dan saat ini sudah ada ratusan warga yang tersaluri air bersih Pamsimas tersebut. Bumdes Paseban ini pun tengah mengelola kebun Pisang Barangan dimana diketahui Pisang Barangan ini memiliki nilai jual yang tinggi di pasaran.


"Untuk pemberdayaan masyarakat, kita lakukan pelatihan mesin jahit sebanyak 20 orang di desa, latihan menjahit hampir tiap hari dibuka dan dibukanya pelatihan menjahit ini bertujuan untuk menampung anak - anak yang putus sekolah atau tidak pernah sekolah atau warga yang berminat. Mereka ini agar punya keterampilan menjahit dan nanti setelah punya keterampilan, mereka bisa mandiri," bebernya.

Tarmizi pun mengungkapkan bahwa saat ini peserta pelatihan menjahit di desa Paseban sebanyak 3 orang sedang mengikuti pelatihan menjahit di Jambi. 3 orang ini, di desa memang diketahui sudah bisa menjahit baju.

Untuk fasilitas pelatihan menjahit, Mesin jahit ada 10 yang manual, obras 1, serba guna 1, cetak kancing 1, lubang kancing 1 dan Neci 1. (crew)