settia

KLIK GAMBAR UNTUK MELIHAT BROSUR LENGKAP

Friday, 28 December 2018

SUYADI, SH 
TEBOONLINE - Wacana pemekaran desa dalam wilayah Kabupaten Tebo, tampaknya bakal terealisasi pada tahun 2019 mendatang. Tercatat, ada 11 desa pemekaran sehingga jumlah desa di Kabupaten Tebo bakal mengalami penambahan.

Kepala Dinas PMD Kabupaten Tebo, Suyadi mengatakan bahwa bakal ada 11 desa di 3 kecamatan yang akan mengalami pemekaran di tahun depan.

"Ada sekitar 11 desa yang bakal dimekarkan yang berada di Kecamatan Rimbo Bujang, Rimbo Ulu dan Tengah Ilir" ujar Suyadi.

11 desa yang bakal dimekarkan yaitu Desa Perintis mekar jadi 3 desa, Desa Purwoharjo jadi 2 desa, Desa Tegal Harum jadi 2 desa, Desa Rimbo Mulyo jadi 2 desa, Desa Tirta Kencana jadi 2 desa, Desa Suka Damai jadi 2 desa, Desa Wana Reja jadi 3 desa,  Desa Sumber Sari jadi 2 desa, Desa Sido Rukun jadi 2 desa, Desa Suka Maju jadi 2 desa, dan Desa Lubuk Madrasah menjadi 2 desa," tambah Suyadi.

Namun, proses pemekaran desa ini kata Suyadi, masih dalam proses dan terus diupayakan agar nantinya pada tahun 2019 sudah bisa menjadi desa persiapan, "Saat ini masih terus kita lakukan, kita upayakan tahun depan 13 desa itu sudah menjadi desa perisiapan," jelas Suyadi.

Namun dalam proses pemekaran nanti ungkap Suyadi, Desa Induk harus terlebih dahulu menganggarkan 25 persen dari anggaran desa untuk desa persiapannya. "Tahun 2019 mendatang, Desa Induk harus menganggarkan 25 % dari anggaran desa untuk desa persiapan, kita berharap prosesnya ke depan tidak ada kendala," tuntas Suyadi. (crew)